Tuesday, September 24, 2013

Singapore - Johor

sambungan dari sini
Day 3
hari ini mau seharian ke Johor 
Cita2 : ke JPO sama foto-foto doang di depan Legoland
Kenyataan : baru keluar hotel jam 10.30

Ada beberapa cara naik transportasi umum darat dari singapore ke Johor.
1. Naik shuttle van dari Singapore flyer perginya jam 1x sehari jam 9 pagi dari Singapore
2. Naik MRT sampai Kranji lalu sambung bis kuning CW1 ke Johor Bahru Sentral 9JB sentral)
3. Naik MRT sampai Bugis lalu jalan sedikiit ke terminal bugis di Queen's street naik bis kuning CW2 ke JB sentral
4. Sewa van

Dan kita memilih opsi 3.
Karena MRT cuma 1 station dari Bras Basah, trus nggak dikejar-kejar waktu. ya kebayang kalo naik shuttle dari Singapore flyer harus jam berapa kesananya kudu naik MRT dulu ke harbourfront.
Turun dari MRT Bugis cari exit bras basah, keluar dan belok kiri, kayanya liat aja deh kebanyakan orang jalan kemana. Biasanya weekend apalagi banyak yang ke terminal bis itu.
Dari terminal Bis Bugis ini ada juga bis nomer 170 dan 150 ke JB sentral tapi lebih ekonomis. dari harga dan tempat duduk. Ada yang berdiri gitu kalo penuh dan berenti di beberapa bus stop. Jadi mirip damri di jakarta. Kalo bis CW semua penumpang dapet duduk, nggak berenti. Harganya SGD 2.8 sampai JB Sentral.dengan 2x naik turun
Kuranglebih 40 menit dari Queen's street ke Woodland. Woodland ini pintu imigrasi keluar Singapore, jangan lupa bawa arrival card yang diisi pas pertama dateng ke Singapore dr Indonesia ya.
Soalnya mereka akan periksa.

Dari woodland naik bis lagi melintasi jembatan penghubung Johor Bahru dan Singapore. Bisnya nggak mesti bis yang pertama kita naikin koq. Selama itu bis CW, CW 1,2 atau 5 tapi kita memegang tiket terusan dari Singapore sampe JB sentral, kita bisa naik bis CW mana aja. 
Enaknya naik bis soalnya punya jalur sendiri anti macet. Kalo kendaraan pribadi/van dipastikan sering terkena macet deh kalo weekend apalagi karena banyak orang bolak-balik Johor-Singapore. daaahh.....


 
Sampe CIQ (Custom, Immigration & Quarantine) ini adalah imigrasi masuk wilayah Malaysia, keluar dari situ gausah pake naik bus lagi, langsung jalan kaki aja karena nyambung sama JB sentral which is salah satu "mall" di Johor. tempatnya kecil aja nekk, tp lumayannya langsung ada tempat makan rotiboy, KFC, Starbucks, minimart, Kedai Nasi ayamdsb. dan lebih ebrbinar karena harganya langsung jomplang sama spore. iyalah. KFC 30 ribu udah dapet nasi ayam minum. dan harga air mineral sebotol 3 ribu rupiaah, ooh indahnya while biasanya beli yg kecil 15 ribu di spore *tendang* tp tetep dibeli secara gue onta banget kalo minum. 2 botol air mineral di hotel manalah mempan.
ulangnya bertekad mau abisin ringgit di JB sentral buat beli2 cemilan ga penting pleus air mineral *niat banget ngimpor*

Abis makan di KFC dan abiw makan nasi, laksa, ikan apalah di kedai depan KFC *yang kata abiw enaak dan murah* trus turun ke lantai dasar dimana bis-bis ke jurusan lain di Johor, nongkrong. sebelumnya kita udah tanya-tanya jadwal bis ke JPO sih yang terdekat jam 13.30 dan krn waktu itu masih jam 12.30 jadi kita eamang santai makan dulu.
Di bawah itu bis berjejer sesuai rute-nya yang bisa diliat di plang depan masing-masing tempat bis mangkal.
Kalo mau ke hellokittyland sama lego land juga bisa naek dari situ

Nggak pake lama bis ke JPO muncul, naiknya yang JPO1 karena JPO2 itu berenti di gelangPatah. JPO 1 langsung ke JPO. harganya RM 4.5 dan selama di jalan yang kaya antah berantah, pemandangannya kebun sawit, rumah-rumah yang gersang. Gue jadi inget jalan di lintas sumatera di daerah Riau deh. pemandangannya persis gitu.
Akhirnya setelah dari antah berantah, sampe juga ke JPO. dan ujan deraaas...
aduh udah khawatir kurang cantik foto2nya lancar jalan2nya.





Untung nggak lama hujannya. Sebelum jalan-jalan udah ngiler liat foodcourt di JPO , ya secara kita berdua pecinta asian cuisine yaa apalagi malay & thai gitu glek. ntar pulang makan dulu deh disini. Harganya juga bersahabat dan tempatnya enak.


Sebelum menjelajah, shalat dulu di mushala belakang foodcourt nyaman koq dan mari ambil peta dulu di information center. Yang pertama gw jajah di lantai atas dulu, ada Fossil *cencunya ini duluan belanja buat toko * yang kebetulan lagi sale dengan harga lumayan banget. Fyi nggak semua outlet disini sale setiap saat, maksudnya ada waktu-waktu tertentu sale, kadang enggak. Klo nggak sale, harganya lebih murah dari counter di Malaysia dan Indonesia tapi, tidak lebih murah dari olshop Indonesia loh *cateut, hail to olshop & Marketplaza FD*  
Merchant yang ada di JPO lebih lengkapnya liat disini
Liat coach di bawah pake antri-antri gitu kan gue males ya, agak tricky soalnya cuma 10 orang yang dibatasin di dalem. Tapi kata temen gue sih harganya lebih murah di coachfactory jadi gue juga males ikutan ngantri. Kalo Michael Kors barangnya nggak terlalu lengkap. Harga ada yang lebih murah ada yg lebih mahal dr olshop. Klo lebih murah pun cuma 10% kemaren lg nggak sale sih MK.
Trus gue nemuin counter baby & kids namanya Peony aduh lucu-lucuu bangett. murah juga harga atasan dibawah 100 rb rupiah.
Untung ujannya nggak lama, jadi lebih leluasa kalap nya. Selain brand2 US dan Europe ada juga brand Malay Padini store sana Vincci. Padini lumayanlah ya kaosnya murah-murah buat iseng. VNC nya menurut gue kurang bagus tuh koleksi-koleksinya dibandingin pas di KLCC. charles & keith jg ada tapi cencunya lebih mending di Singapore.
ransel laptop Samsonite lebih murah di Korea beli di duty free *akhirnya ada juga brand luar yg lebih murah di Korea hehe biasanya di Korea mahal sih, kcuali brand Korea*




Hujan tak menyurutkan langkahku :)



 


Sebelum pulang bungkus dulu Popiah sm bapao dari foodcourt. sukaa banget. Popiah itu kaya spring roll ala Malaysia trs gue beli juga samosa, curry puff, pangsit isi dan sejenisnya dipotong-potong semua dan disiram saus kaya sambel bangkok gitu. Lumayan buat cemilan di bis.
Jam 17.30 tepat, bis nya dateng . Alhamdulillah tepat waktu soalnya baca di beberapa blog dan forum, sering banget bis nggak tepat waktu dan bahkan nggak dateng sama sekali jadi harus naik taxi. taxi ada sih tulisannya taxi meter (pake argo), to singapore tapi nggak tau berapa.
ke legoland ? yudadah babayyy.... *pertanda kudu balik lagi sama fayra nih #modus *
 
Johor Bahru

Nah perjuangan dimulai, dari JPO sampe JB sentral aman ya. sempet beli-beli cemilan dulu di minimart JB sentral, dan air mineral seperti yg direncanakan sebelumnya hihi 
Menemukan idaman hati. kalo ke KL pasti beli ini

Kedai Nasi , JB sentral, CW bus time table, KFC JB sentral


pas abis imigrasi di CIQ, nungguin bis CW2 yang ke woodlands lamaaa banget, adanay CW5, CW1 darisini kita baru tau kalo kita emang bisa naik bis CW mana aja ke woodlands doang gitu soalnya belum tujuan akhir kan. Jadi sama petugasnya kita disuruh naik bis CW5. 
Yang lucu tuh tiket bis bisa dibeli pake RM atau SGD tapi harganya "sama" SGD 2,5 atau RM 2,5 .
yaampun beda atuh itu SGD 2,5 kan 22.500 while RM 2.5 kan Rp 8.250 tentu mendingan ngorek2 sisa RM deh bayarnya. sampe sekarang ngga abis pikir kenapa bisa disamain gitu.

Sampe woodlands orang udah kaya semut deh penuhnya. Mungkin emang jam balik sih ya, orang yang dari pagi ke JB kan pada balik sore-sore di jam gue ini.
Pas turun ke bus station di woodland, maaakkk panjang kali antriannya.
Pas gue antri, antrian bis CW2 masih lebin pendek dibanding bus 170, 150 dan CW1.
Tapiiii bus CW2 lama bangettt interval datengnya, sdgkan yg lain cepet, jadi cepet berkurang antriannya. Pas gue liat belakang udah puanjanggg bgt antrian CW2 mengular belok belok. sejam setengah antri sampe beteee.
Kayanya mending naik CW1 deh sampe Kranji trus naik MRT 10 station sampe Bras Basah. Yang penting di MRT kan udah tinggal duduk tenang.
Kalo liat bis 170 sama 150 malah serem desek2an kaya ikan pepes. karena ada yang berdiri, udah kaya kopaja penuhnya.
Ada harga ada rupa deh.
 
antrii

Akhirnya bus CW2 dateng dan udah tepar jaya sampe Bugis jam setengah 9, cuma nanggung tepar lanjut ke Chinatown beli oleh-oleh dulu.
Sayang tin tin shop nya udah tutup.
Ke Chinatown juga nggak terlalu ngeliling sampe dalem sih karena udah malem, langsung balik ke hotel.

Day 4
Baiklah demi oleh-oleh, melipir juga ke Mustafa sebentar. Trus sarapan di kedai pojokan perempatan antara Mustafa lama sama Mustafa baru. Lupa namanya. Pokonya sedia makanan melayu, Nasi padang, seafood dsb. Abiw pesen lontong sayur. gue dengan PD pesen mee siam, teringat2 mee siam enak di Changi yang pernah gue makan. pas nyampe hueekkk banyaak bangettt bihunnya porsi bertiga sih itu, sampe neq banget gue makannya. Nggak abis udah jelas.

Dari Mustafa mampir bentar ke Orchard tujuan utama Garrett di Wisma Atria yang ternyata baru buka jam 11, pas kita dateng. temen gue kesini setengah 11 masih tutup.
Abis itu langsung ke hotel dan buat ke airport kita sewa van dari hotel SGD 60 untuk 13 seat.
Sampe Changi masih sempet jalan-jalan sama makan Burger King sambil ngabisin receh. Flight masih jam 14.30 soalnya. Eh koq kebetulan ada wahana killing time. Social tree jadi narsis foto-foto di standing board gitu trus ntar bis apilih mau di email fotonya atau dimunculin juga di digital tree gede di situ. Lumayan lah yaa mumpung bisa foto berdua.
  
Changi social tree
 Sampe Bandung setengah 4 trus sampe rumah setengah 5 huwaww langsung peluk-pelukan bertiga fay. Kangeeennn. next time will be the three of us, honey...or maybe four :)

0 Comments: