Monday, February 28, 2011

Genting - Kualalumpur - Day 2

Masih di genting pagi-pagi gue nggak beli breakfast dan breakfastlah kita di Penang Food gitu di lantai bawah hotel. Mesen Kwetiaw Penang (yang tenar itu, tp tentunya beda resto, beda versi) sama Capcay kuah haha standard ya tp mksdnya biar fayra bisa makan. Rasanya enak koq, cuma harganya ya secara tempat wisata emang resto2 disini range harganya RM 9-RM 12. O ya untuk breakfast di Hotel ThemePark sendiri harganya RM 15/person tapi gue liat sih makanannya by order gitu bukan buffet jadi kurang menarik. Dari Penang food itu pemandangannya bagus banget di bawah tuh ada taman dan dari situ keliatan betapa tingginya Genting, kaya negeri di atas awan.
 Abis makan iseng-iseng jalan eh ternyata di seberang hotel ada counter Taxi resmi ke berbagai tujuan trus nanya ke Bukit Bintang tuh RM 80. Tadinya kan kita sok2an mau bertualang :
- Naek skyway turun ke Genting lower (RM 20 / 4 adult)
- Sambung bis Genting Express sampe KL sentral ( RM 34 for 4 adult)
- Sambung lagi Taxi (kurleb RM 10) ato Monorail (kurleb RM 8 for 4 adult) ke Bukit Bintang
Total pengeluaran ber 6 : Minimal RM 62

Hmmm terdengar ribet dan panjang ye bo. Apalagi bawa koper 20 kg, tas stroller & 1 toddler.Dan jangan lupa kalo baca di aturan Skyway itu barang bawaan yang over 56cm X 36cm X 23cm (22in X 14in X 9in) ga boleh dibawa di Gondola tapi harus pake jalur barang yang harganya RM 25 untuk 5 koper. nah berarti ada tambahan kan untuk pengeluaran berdua totalnya RM 62 + RM 25 = RM 87. Setelah mikir dan itung2 jadinya kita memutuskan naek taxi ajalah yaa ke BBnya. Secara 4 adult 2 toddler, seabreg gembolan RM 80 ga pake cape gotong2 udah sampe depan hotel.

Dan kayanya nggak afdol aja ke genting ga naek skyway/cable car jadilah kita naeknya two way dari Highland resort-Gohtong jaya trus balik lagi ke Highland resort. Harganya RM 5 (one way) RM 10 (two way) tapi dgn nunjukin kartu  kamar (bahwa kita menginap di)  salah satu hotel di genting, dapet harga RM7,5 (two way). Emang lebih keren lah ya dibanding yang di TMII ato ancol ato Taman Safari. dan, tau nggak sih di Indonesia ada 1 tempat cable car yang lain yang nggak semua orang tau. Di Kutai Kartanegara, KalTim, fungsinya menghubungkan pulau kumala dengan daratan kalimantan. keren ya, Kutai Kartanegara kan memang salah satu kabupaten yang cukup kaya dan maju walaupun adanya di Kalimantan itu karena Pemdanya juga concern untuk memajukan Kukar. Salut deh sama pembangunan Kukar.
Genting Skyway
 Berhubung weekday jadi Cable Car nya nggak terlalu rame, biasanya diisi 7-8 orang. Ini 1 gondola cuma kita ber 6 bahkan ada bapak2 yang cuma sendirian tuh. Liat pemandangan dari atas cable car memang bikin ga berhenti mengucap syukur dan memuji kebesaran Allah SWT, hutannya masih asli dan terjaga dan pemandangan dari ketinggian juga bagus banget. Coba ya di Indonesia mana ada hutan lebat yang masih dijaga begitu kalo di deket tempat wisata, palingan udah dirambah, ditebangin ilegal atau didiriin lapak2 jualan liar :p Two way skyway transfer kurang lebih 20 menit. Beberapa waktu sebelum nyampe ke terminal awal, fayra bobo dong pas lagi digendong. yaudahlah kan susah ditaro di stroller jadinya digendong aja selama perjalanan melewati lorong2 dari terminal cable car ke hotel.

Tepat jam 12 checkout dan ke BB pake taxi yang udah kita pesen. taxinya sih emang sedan lama yang tdnya kita pikir kuat-apa-bawa-muatan-segede-gini. tapi biar mobil lama tuh, ACnya dingin loh dan muat bo dinaekin koper & 4 orang segede2 gaban + 2 toddler. Tadinya sempet worry tu bagasinya muat ga sih, secara kan taxi2 di Malaysia pake bahan bakar gas jadi di bagasinya ada tabung buat gas gitu yang mempersempit space.Sopirnya baek banget koq, bapak2 chinesse melayu gitu ga banyak nanya tapi nyetirnya juga enak. Emang berdasarkan pengalaman gue sih kalo nyari sopir taxi di Malay mendingan yang Chinesse atau melayu daripada yang In**a (tar gue cerita deh sopir taxi In**a yang minta dihajar banget saking nyebelinnya).

Genting- Bukit Bintang sekitar 75 menit. Sampe Capitol seperti biasa ni hotel selalu rame emang dan kayanya banyak org Indonesia yang sering nginep disini. Secara letaknya strategis banget di sebelah Sungei Wang, deket ke Berjaya, tinggal loncat ke Low Yat (Electronic & IT mallnya gitu deh) ngegelinding doang ke Lot 10 sana VNC, deket ke Alor kalo mo jajan hawker food, money changer banyak, tempat makan juga banyak (yg paling top teuteup KFC sama McD bukit bintang :D ) en desi en de so.

Electricity Converter
Gue booking capitol hotel via HotelClub karena waktu itu raten buat Capitol paling murah dibanding Booking.com dan Agoda . Tapinya kalo disitu kan ada pilihan superior room 2 single bed or 1 double bed, gue pilih 1 double bed. Eh pas check in ternyata yg superior itu ngga ada yg double bed, single semua. yasudahlah ya. Tapi bahagianya free baby cot nya available, yippie...sangat menolong buat sementara "mengurung" fayra selama gue beres2 ato ngapain biar dia ga merambat & merangkak kemana2. Trus 2 single bednya disatuin ajah hehe. Service di capitol masih sama, cepat dan ramah. kamrnya juga bersih, nuansa minimalis gitu. Di dalem lemari ada hairdryer, setrika & papan setrikanya. Tapi kalo kata Abiw, saking minimalisnya heater aja dicolokinnya di dalem lemari, termasuk cangkir, sugar, coffee hihi. Minusnya emang dia ga nyediain free mineral water. tapi dont worry, tepat di depan Capitol ada Q-mart yang jual macem2 dan ada warnet juga sebelahnya. jadi inget zaman taun 2008 gue nginep disini, nyempetin ke warnet itu buat YM-an sama Abiw (yang waktu itu masih jadi pacar) hihi. Oya jangan lupa, setiap mengunjungi suatu negara, gue suka ngecek dia pake colokan listrik tipe apa dgn voltase berapa. Jangan sampe alat2 elektronik yg kita bawa darisini malah ga berfungsi disana ato ribet harus beli converter disana. malaysia sendiri kan pakenya colokan listrik kaki 3 di dindingnya, sementara di Indonesia kan colokan kaki 2, jadi butuh converter. Biasanya kita malah punya converter dari kaki 2 ke kaki 3 (misalnya buat laptop/HP yang manufactured di negara2 yang colokannya kaki 3) nah ini kan kebalikannya. Untungnya tuh converter dari kaki 3 ke kaki 2 gue masih ada di rumah nyokap, harganya pun masih nempel haha. Atas saran gue, sebelom pergi Mia beli converter itu 15 ribu saja koq.

Capitol Hotel

Sampe hotel istirahat dulu, sekitar jam 4 baru keluar dan makan di BB Chicken. Menurut gue nasi lemaknya enak tapi overprice aja secara bukan di Mall ya. Yang nyesek omelette nya RM 6 gitu. isinya cm telor dadar-bawang-jamur zzz...Abis itu jalan2 muterin BB doang sih ke Sungei Wang dan sekitarnya. Sungei Wang yaa bisa dibilang bukan mall ya kaya Kings Shopping Center kalo di Bandung ato kalo di jakarta kaya ITC Cemas gitu deh yang bisa didapat dengan harga murah tapi cantik2 disini, kasut alias sepatu dan sendal. Kalo menurut gue ya Malaysia bukan tempat belanja fashion sih soalnya model2nya kurang bagus (kcuali yg branded tapi harganya sama aja sama Indonesia koq) nah kalo sendal ato sepatu sih emang banyak yg cantik2 unbranded gitu (selain VINCCI tentunya). VNC harganya bisa 30-40% lebih murah dari di Indonesia loh. Oya trs ke Giant Sungei Wang beli cemilan2 yang bisa dijadiin oleh2 juga hihi. Mammee tentunya, makanan favorit zaman kecil yang udah susah dicari di Indonesia, di kaskus 18 ribu aja loh se pack isi 10. di Giant Sungei Wang RM 2,9 (sekitar Rp 8rb) trus beli pisang cavendish buat "penyelamat perut" dan ke depannya emang si pisang ini jadi penyelamat banget buat ganjel perut kalo fay rewel, selain biskuit sama roti/muffin. fay kan doyan banget sama pisang. Dari Giant trus beli burger di Subway, si abiw berasa dejavu tuh. Pas wkt dinas ke taiwan setahun yg lalu tuh pas gue hamil 8 bulan. selama sebulan udah ga keitung seringnya makan Subway, McD bolak balik secara susah nyari makanan halal dan yg paling deket kantornya itu ya Subway sama McD. Tapi emang gede banget sih burgernya. Porsi setengah aja isinya banyak dan rotinya panjang, bisa milih semua toppingnya. RM 10 buat yang ukuran setengah.Oya mampir ke Guardian juga beli Tiger Balm penyelamat kaki-pegel-minta-dituker-sama-kaki-Aura-Kasih :p harganya RM 10.

Gue sempet beli SIMCard DIGI juga disana soalnya kamfret nih BIS kuning punya Abiw ga aktif disana padahal sbelumnya udah telp CSnya katanya nggak ada yg perlu diaktifin buat BB roaming int'l tinggal select DIGI aja chargenya Rp 25rb/hari, eh taunya ga bisa tuh boro2 BISnya, sinyalnya aja SOS terus. Gue rasa sih emg harusnya diaktifin dulu roaming int'l nya, soalnya nomer ini baru belom pernah dibawa keluar. Sementara gue mau ngaktifin BIS merah  yg int'l failed mulu pake *266# gemes.baru hari ke 4 tuh pas mo pulang si BIS merah aktif. klo buat call sama SMS sih udah aktif secara si kartu merah kesayangan gue ini udah ikut kemana2. Trus ya gue udah minta aktifin BISnya DIGI udah subscribe RM 2/hari eh ya pas gue buka uber dia ternyata makan pulsa GPRS dong, BISnya belom aktif. lah begimana sih pdhl pulsanaya dah kepotong. sbel jadinya RM 8 terbuang sia2. Di Capitol Hotel ada sih wifi tapi RM15/day unlimited wifi di kamar. Emang sih sebenernya enakan pake BIS biru tuh kaya Mia dia nyengajain beli. Subsribe yg unlimited bln Rp 99 ribu. free BB int'l selama 3 hari di negara2 yg bekerjasama termasuk Malay & Spore.

Jam 19.45 waktu Malaysia (lebih cepet 1 jam dari WIB) kita balik ke hotel dan jam 8 fayra sukses tidur. yah...jadinya ga bisa kelayapan malem sih, abis kan kasian lagi tidur ditaro di stroller. Secara disana maghrib aja 19.30 waktu Malaysia, Isyanya ? jam 20.40 aja gitu. Jadi inget pas di genting kan kita balik ke hotel jam 20.30 trus langsung shalat maghrib jamak Takhir ke Isya. eh pas jam 20.40 lah koq kaya suara adzan...jiaahh ternyata baru Isya, harusnya niatnya jamak Takdim ini mah :) pagi2 juga, bangun jam 05.30 kan biasanya grabak-grubuk berasa kesiangan shubuhan. lah, buka jendela masih gelap, tidur lagi deh. Shubuhnya baru jam 6 pagi. Oya jadi malem itu karna fayra udah tidur dan ga tega bawa jalan2nya, kita jalan2 di kamar aja :p namanya juga bawa anak bayi nih, beda dong kalo perginya bedua aja bisa2 jam segitu baru mulai kelayapan kemana nyari makanan atau jalan2 lagi.yasudahlah ada untungnya juga pernah kesini jadi ya anggep aja intermezzo nginep di hotel, ga nyesel juga klo ga bisa jalan2 malem krn bawa anak. Sementara Mia sama Dhimas kan kita misah tuh pas di Sungei Wang, mreka mah pas maghrib itu Baim sakseis tidur di stroller jadinya masih jalan2 ajya, sempet nongkrong dan foto2 abis sampe jam 21.00.