Monday, November 22, 2010

Mamamamamam

Di 3 hari menuju 9 bulan ini gw mau review makanan2 yang udah masuk perut neng bapao :D yayayaya knapa di umur ganjil ga jelas, karena gue males posting. Ini aja kebetulan lagi ga males, fay udah bobo, gue ga ngantuk
1. Karbohidrat
Kentang, ubi jepang, bubur nasi (tanpa disaring), gasol beras merah, gasol kacang ijo, oat, jagung (dibikin sup jagung fay doyan) dapet resep dari hanny  mamanya kaka jadi jagungnya direbus trus dipipil & blender. Saring kalo masih ada yg kasar. masaklah oat dengan air kaldu ayam trus masukin deh jagung blender.
2. Sayuran
Zucchini, wortel, buncis, sawi putih, brokoli, bayam, kabocha
3. Lentils
Kacang merah, kacang polong, tempe, tahu (eh ini mah olahan kacang masuknya ya)
4. Buah-buahan
Pisang, alpukat, jeruk, apel, pear, melon, pepaya
5. Dairy products
Daging ayam, daging sapi (baru 4x sih trs jadi susah pupi, jadi libur dulu sementara mungkin blom kuat mencerna protein) hati ayam, ceker (kaldunya), telur ayam kampung, telur puyuh (thx ya mak amel buat infonya)
yang kiri bawah pura2nya ikut makan froyo padahal belepotan bubur :p
 
6. Cemilan
Biskuit (instant krn gw ga bs baking, ga bisa bikin biskuit T_T), agar-agar jeruk saus kabocha (kayanya hrsnya kebalik deh agar2 kabocha saus jeruk, yah namanya juga coba2, lagi rajin aja gw masak)
7. Penyedap
Bawang bombay, bawang putih (diparut ato dicacah keciill banget) dicampurin klo bikin bubur

Precious time *sementara bundanya istirahat dulu :)*

Alhamdulillah nafsu makan sangat bagus, semua juga dia suka & dia makan cuma daging sapi itu yg waktu itu agak bermasalah krn jadi susah pupi, padahal dagingnya udh gw rebus potong kecil2 & diblender baru dimasak bersama bubur. udah libur 2 minggu mungkin bentar lagi mo dicoba lagi skalian nyobain ikan. Selebihnya gaada tanda-tanda alergi apapun, alhamdulillah. Belom pernah GTM & GMM *alhamdulillah bangeeet, jangan sampe ya Allah* malah yg gw kuatir Fayra makannya banyak bangeeett bisa semangkok penuh bubur tiap makan *lap keringet* makanya gw suka worry kalo dia sehari ga pupi abis kayanya perutnya ndut bgt gitu trus takut aja gw apa semua makanan itu dikemanain di badannya hehehe. Kadang2 udah abis makan smangkok trs liat gw makan dia mulutnya ikut nyamnyamnyam, disodorin makanan ke mulutnya juga langsung mangap lagi. kalo pas badannya agak anget juga, makan sih ayo aja jalan terus. Yang lucu tuh beberapa kali ketiduran sambil makan pagi terutama. Matanya sih merem tapi mulutnya tetep mangap & ngunyah2 hahaha. Trus pernah jg pas anget gw kasih Sanmol penurun panas eh dia mangap minta lagi, hadooh dikira cemilan apa ya. Pernah juga gw mergokin dia lagi ngigo makan soalnya mulutnya ngecap2 gitu trus ketawa, waduuw mimpi makan apa ya kira2.Kalo udah waktunya makan ato laper biasanya Fay suka bilang mamamam ato klo dia udh liat gw ato si bibi bawa2 mangkok makannya lsg dia mupeng sambil blg mamamam. Jadi klo msh panas mending jangan kliatan sama dia dulu deh, bisa nangis soalnya klo ga dikasih2.

Kalo keluarga Abiw yakin, nafsu makan ini menurun dari Abiw :D ya gapapa sih gue seneng aja liat makannya lahap krn geraknya juga banyak & aktif bgt jadi tersalurkan. Di umur 9 bulan kurang 4 hari ini beratnya 8,2 Kg dengan tinggi 70cm gw rasa nggak overweight ya, emang sedikit chubby sih (kalo ini ketauan juga nurun dari mana :p ) cuma menurut gw krn dia meninggi jadi badannya berisi
PR selanjutnya adalah mengenalkan ikan, kmaren gw udah beli gurame buat makan besok.gue sebenernya kan ga suka ikan dan ga tau cara masaknya , bahkan bersihinnya aja gw suka ga mampu krn bau amis T_T tapi gw akan bertekad, fay harus suka ikan & gw harus bisa masaknya walaupun mungkin gw tetep susah memakannya.

7 Comments:

blender buat MPASI ini pakenya apa ya, teh? blender biasa atau kaya pumpee (eh itu food processor ya?) aduh, bedanya apa sih... @__@

Nyahahah..sama banget..suka mupeng kl ada orang di dapur..palagi dah bawa2 mangkuk..hehhhh hebohnyaaa....

yukkk mariii maem ikannn..enakkk looo..emaknya jg sering nyolong kokkkk xixixi..beli yg fillet aja say..kan ada tuh fillet gurame..jd teu kudu dibersihan..

Semangat! ayoo Fayyyyy yg gembil ya maemnyaaaaa

@Rella : aku pake blender buah biasa rel, kebetulan pas bongkar2 kado nikahan eh ada jadi amsih baru & steril. Pk food processor jg bisa fungsinya kan menghancurkan, tapi sayang aja aq mah belinya mending blender aja bisa dimanfaatkan :) kalo food maker itu perlu krn isinya ada saringan, penghancur, mangkok dsb 1 set
@angga : akhirnyaaa aku sudah berhasil masak ikan tadi pagi & emg ga amis ya dibalur bwg putih,daun salam & serai.iya nih nanti2 beli filletnya. ini mah si mama kmrn dpt gurame dr balong temennya hihi.Quin kita lomba makan yuuu

dinni,serius Ghaida sekarang lagi baguuuus banget nafsu makannya...sampe aku juga bgg lah kemaren GTM trus skrg liat ambunya bawa mangkok dia heboh seuseurian teu puguh gitu din....
ternyata emang pola makan anak beneran lho ada masa2nya GTM dan lagi lahap..

@Ning : waah syukurlah sudah lewat si GTM, iyaya gimana aja kita kdg suka males makan juga tapi kalo coklat ga males aq mah hahaha jd hrs baca juga apa makanan favoritnya buat senjata pas GTM

Fayra ud tambah pinter ya Dinni... Emg mamaam ikan penting bgt tuy, cobain salmon dey, ga bgt amis kok... Pilih ikan yg seger (Prefer kl gurame ak pilih yg msh hidup, trus lgs minta di fillet)...
Happy cooking ya...

@Anggie aku udah cobain salmon, iya ga amis fay juga suka alhamdulillah so far semua suka. Tapi emang "amis" di dompet hihi gapapa kan gantian sama ikan2 jenis lain yang harganya merdeka. Ihh athar pinter udah ikutan shalat, smoga klo dr kecil udah diajarkan tertanam & diamalkan sampe besar nanti, amin