Wednesday, August 25, 2010

Akhirnyaa...MPASI pertama

Setelah parno tiada tara akhirnya 5 hari MPASI sudah terlalui, alhamdulillah.....quick review nya begini
Hari 1 : Gasol beras merah
suapan pertama dirasa2 dilumat2 blom terlalu bisa nyunyah jadinya banyak yang kedorong2 lidah keluar, selanjutnya agak ngamuk sampe kira2 suapan ke 10 nangis terpaksa dihentikan. dan gue pun blom tau perkiraannya gw bikinlah 2sdt gasol + 200 ml air+20 ml susu, kebanyakaan...jadi sisanya dibuang ajah. Oya cara bikinnya (buat yang nggak tau) 2 sdt gasol+200 ml air diaduk di atas api keciiiill banget sampe mendidih, agak mengental & tercampur (ga ada yang ngegumpal) trus pas mau dimakan baru dicampur susu.
Poop : normal
Hari 2 : Gasol beras merah
Kali ini porsi dikurangin 1/2 sdt gasol + 60 ml air + 20 ml susu
Hasilnya : Ludes sodara2 *plok...plok...plok...*
dan akhirnya gue tau kegagalan kemaren kenapa, karna gue terlalu lambat nyuapinnya. Soalnya pas hari ke dua ini pas udah nyuap, si abiw ngajak ngobrol otomatis gw nengok dulu dong eh fay ngamuk trus pas disuapin lagi dia diem. Mulutnya selalu mangap2 kalo berasa makanannya udah ketelen. Oo IC ternyata emang harus cepet & kontinyu nyuapinnya berhubung dia terbiasa kalo nenen ato minum susu dr botol kan ngaliir terus ga keputus jadi klo gw lambat itu berasa seperti lagi nen blom kenyang dilepasin. Oya selama ini fay emang belom pernah minum susu disendokin. Gw juga mendadak inget posting "Tidak Selalu Sukses di Hari Pertama" yang malemnya baruu aja gue baca di blog MPASIrumahan weh langsung kejadian :D
Poop : nggak poop
Hari 3 : Gasol beras merah
porsi ditambah 1 sdt gasol beras merah+100 ml air + 30 ml susu
Hasilnya : ludes
Poop : nggak poop :( :(
Hari 4 : Pisang Raja cere Lembang + susu 30 ml
Pisang raja cere Lembang bedanya sama raja cere biasa itu ini lebih manis dan bentuknya sedikit lebih panjang dari cere biasa yang gendut2 pendek.
Ini lahap banget makannya karna ada rasanya dibanding gasol + susu. Ludes sekejap.dan gue rasa dia udah lebih oke cara nelennya emang masih belepotan tapi nggak sebanyak kemaren.
Nah berhubung 2 hari sebelumnya nggak poop gw mulai cemas, makanya rencananya siang mo dikasih pepaya eh ternyataa jam 11 dia poop, lega. Sementara ini makannya 1x sehari dulu.
Hari 5 
Pagi : Pisang Barangan + susu 30 ml
Apa itu pisang barangan dan knapa gue makan ini tar gw bahas di posting selanjutnya tentang makanan2 MPASI yang berhasil gw hunting sampe gw foto2 di carrefour hihi
Hasilnya : ludes banget nget sampe mangkoknya juga ikutan dipegangin sama fayra. Pas gue agak telat nyuap dia agak mo nangis sambil dorong2 mangkok ke arah mulutnya, wadow saking lahapnya apa mangkok mo dimamam juga ? hihi So far ngasih makannya masih manual fayra gw dudukin di pangkuan gue dan gue suapin deh, kayanya lebih berasa aja bondingnya dan alhamdulillah dia selama makan ga terlalu lincah gerak2. adem ayem, hap hap hap. abis. :D
Siang : 1 sdt Gasol Beras Merah + 100 ml air + pepaya dibenyek2 trus disaring
rasanya gue gatau deh tapi doyan aja tuh si fay, abis. walaupun tumpah2 karna lebih cair dari biasanya.
 Tawa bahagia bersama puree pisang *ah tapi anak gue mah emang sadar kamera banget* dan liat dong kuping mangkoknya dipegangin

Gue biasanya ngasih makan pagi, kalo kata bundanya Quin pagi bangeet. Iya sekitar jam 7- setengah 8 sebelom gw ke kantor soalnya gw pengen banget bisa nyuapin fay walau sekali sehari. fay juga ga masalah tuh dia pagi2  soalnya dia biasa bangun jam 5.30an trus nenen trus kdg tidur lagi bentar kadang engga trus mandi jam setengah 7. Abis mandi kan laper, mamam trus dijemur bentaran jalan2 di teras trus bobo, bangun bobo baru deh minum susu. Sekian report sampe hari ke 5.
Alhamdulillah hari ini fayra tepat 6 bulan *Horeeeee* dan makannya lahap, semoga seterusnya begitu..Luv u permata-nya Abiw & Bunda

7 Comments:

Pertamaaaaaaaa..haha

ahhh tampak namakuh disebut2 nih heuheue

iya buat quin jam segitu mamam mah kepagian din..secara dia 06.30 - 07.00 baru bangoonnn * dohh kebluk anak gw yak*

selamat ya..lancar jaya mamamnya Fay..semangat ngasih menu lain kannnn?

*kecupkecup buat papaw cantix*

seneng ya fayra mam nya lahap
lucu bgt sich, ndut...pgn cubit pipinya, hehe

fayra lucu bangeeet.... makan yg banyak ya, nak. ga usah ikut2an GTM biar bundanya ga pusing :)

itu slabernya sepertinya saya tau. hehehe...

@angga : iya abisnya obsesi pengen nyuapin makan ngga. Trus td malem tanya ke DSA ternyata direkomendasikan juga makan pagi jam 7-8 trus makan siang jam 12-1 sore (atau camilan) jam 3-4
@netta : iyaa net emang bener ternyata kalo anak ga mau makan pasti bikin pusing emaknya, kalo lahap jadi tenang hati nih hihi tar klo zi udah MPASI 3 bulan lagi kerasa jg deh :)

@dhita : iyaaa jangan sampe GTM *berdoa khidmat* seru dhit, bahagia tak terkatakan kalo makannya lahap ludes hihi. waah slabernya rayan punya juga yg sama? hihi skrg baru nyadar slaber cuma punya 4 ga cukup mo nambahin koleksi ah *yes,alesan belanja*

Waaahhhh Fayra sama kaya Zaki, mamnya sebelum Bundanya berangkat kantor. Biar sempet nyuapin. Hihihi * curi2 waktu *

Nti MPASInya makin seru say. Banyak respon baru yang kita temuin. Hehehe moga2 mam nya lahap terus yah cayank...;-*

iya cha kan pgn ngerasain senengnya nyuapin ngga cuma pas weekend doang. zaki juga bangunnya pagi ya...iya nih tambah seru combine makanan2 MPASI mudah2an ga kena GTM deh..:)